Tempat Terpanas di Muka Bumi

     Jika kita berbicara tentang tempat terpanas yang terdapat di muka bumi, tentulah kita akan membayangkan suatu  daerah atau lokasi yang tandus maupun gersang. Dan berikut beberapa tempat yang bisa dimasukkan dalam kategori tempat / lokasi terpanas yang terdapat di muka bumi :
  • El Aziza (Libya).
  • Furnace Creek, California (Amerika Serikat).
  • Tekungan Cupan (China), dan;
  • Gurun berbatu di Quensland (Australia)
     Pada tahun 1913, stasiun cuaca di Death Valley National Park, California, pernah mencatat rekor tempat terpanas di muka bumi yaitu milik El Aziza (Libya) dengan suhu 56,7 derajat celcius (134.1 fahrenheit). Kemudian pada 1922, rekor itu dipecah kembali oleh El Aziza dengan suhu 57,8 derajat celcius (136,0 Fahrenheit).
     Namun, setelah dilakukan'nya penelitian oleh para pakar University of Montana, yang mana pada penelitian ini menyimpulkan bahwasanya tempat / lokasi terpanas di muka bumi yaitu berada di Gurun Lut (Iran) dengan suhu mencapai 70,7 derajat celcius (159,3 fahrenheit) pada tahun 2005. Dan menurut penelitian ini juga disebutkan kalau hampir sepanjang tahun 2004 - 2009 suhu Gurun Lut mencapai titik panas bumi.
     Gurun Lut adalah adalah padang pasir garam besar di Iran tenggara, dan merupakan padang pasir terbesar ke 25 di dunia, dimana luas padang pasir ini sekitar 51.800 kilometer persegi (20.000 mil²). Dan pada saat musim semi, hanya sebentar air yang mengalir turun dari gunung dan segera mengering, serta hanya meninggalkan batu, pasir, dan garam.

     Padahal dalam beberapa dasawarsa sebelumnya, Gurun Lut tidak pernah dimasukkan dalam kategori tempat / lokasi terpanas yang terdapat di muka bumi.
     Adapun Menurut David Mildrexler alasan mengapa sebelumnya Gurun Lut tidak pernah dimasukan ke dalam kategori tempat / lokasi terpanas yang terdapat di muka bumi, itu dikarenakan Gurun Lut maupun gurun panas lain'nya seperti Sahara, Gobi, dan Sonoran memiliki iklim keras dan sangat terpencil, sehingga akses untuk pengukuran rutin dan pemeliharaan stasiun cuaca tidak mungkin dilakukan.

2 komentar:

Ricdetop mengatakan...

Selalu hadir dengan info manfaat ...

Dateng sore2...

Tagantar Dot Com mengatakan...

@Ridectop_ trma kasih sahabat sdh meluangkan waktu'nya untuk berkunjung di sini.. :)

Sore jg.. Happy Bloging Sahabat ! :)

Poskan Komentar

 
 
Copyright © www.tagantar.com